Thursday 7 April 2016

Contoh Soal dan Pembahasan Aplikasi Teknologi dan Informasi


SOAL QUIS
1.      Sebutkan kegunaan komputer yang Anda ketahui ! (5)
2.      Monitor 480x640 pixel  dan 1800x1200 pixel. Mana yang lebih tinggi dpinya ?
3.      Printer 120 ppm bisa mencetak berapa lembar kertas dalam 5 menit ?

JAWABAN :
1.      Kegunaan Komputer antara lain :
a)      Sebagai Sarana Komunikasi
Kini dengan memanfaatkan fungsi computer sebagai sarana komunikasi maka kita bias berbicara dengan rekan atau kerabat kita sambil menatap langsung dengan teknologi kamera yang disebut Webcam. Tidak hanya itu, kita juga bisa bercakap-cakap menggunakan chatting, mengirim surat (e-mail) sekaligus mengirim file dalam bentuk gambar, suara atau yang lain dalam bentuk data.
b)     Sebagai Sarana Hiburan
Apabila dulu hiburan kita hanya terbatas pada televsi, tape atau radio maka kini komputer dapat menggatikan seluruh fungsi alat-alat tadi secara keseluruhan. Bukan hanya itu, kita dapat bermain menggunakan komputer melalui berbagai aplikasi permainan yang ada. Ada beberapa fasilitas yang komputer berikan antara lain :
·         Memutar lagu melalui music player bahkan dengan internet
·         Menonton film atau streaming video melalui internet
·         Menonton Tv dengan TV Receiver untuk komputer atau online channel di internet. Dsb
c)      Sebagai Sarana Usaha
Meode usaha dengan komputer yaitu komputer dapat disewakan dijadikan warnet, usaha percetakan, mengedit video dan gambar, desain grafis untuk periklanan, install dan service software, kursus komputer dan masih banyak lagi sarana usaha yang lain.
d)     Sebagai Sarana Pengendali (controlling)
Pada beberapa instansi besar seperti perhotelan, pabrik, dan banyak jenis perusahaan lainnya, komputer dapat dipakai sebagai sarana untuk mengendalikan satau atau beberapa sistem  seperti pengendali lampu lalu lintas, operasi evalator dan escalator, pengatur kamera CCTV, pengendali jaringan, control mekanisme pabrik dan lain-lain.
e)      Sebagai Sarana Mempermudah Pekerjaan
Jauh sebelum terciptanya komputer dengan keyboardnya, orang mengetik surat dengan mesin tik dan apabila terdapat kesalahan maka kertas yang digunakan untuk mengetik akan dibuang, tidak bisa digunakan kembali sementara dengan menggunakan komputer, kesalahan-kesalahan kecil dapat kita hapus dan ketik ulang sehingga bisa di edit hingga beberapa kalipun tanpa terlihat bekas kesalahannya.

2.      Resolusi monitor yang bagus adalah 1800x1200, karena dari perhitungan pixel untuk 1800x1200 = 2.160.000, sedangkan untuk 480x640=307.200. Jadi, semakin tinggi jumlah pixel yang tersedia dalam monitor maka semakin tajam atau jelas gambar yang ditampilkan
3.      PPM adalah satuan yang digunakan oleh mayoritas produsen printer untuk menunjukkan kecepatan cetak sebuah printer. PPM merupakan singkatan dari Page per Minute, artinya jumlah lembar yang bisa dihasilkan oleh sebuah printer dalam waktu satu menit. Jika sebuah printer memiliki kecepatan cetak 27 PPM, artinya dalam satu menit, printer tersebut dapat mencetak 27 lembar.
Dokumen seperti apa yang digunakan dalam metode PPM ini? Dokumen yang digunakan adalah dokumen memo teks menggunakan kecepatan cetak tercepat (draft) yang bisa dihasilkan oleh suatu printer.
PPM mungkin tidak sepenuhnya bisa dijadikan acuan kecepatan cetak yang bisa dihasilkan oleh pengguna, karena umumnya pengguna tidak hanya mencetak memo teks atau dokumen word, tapi juga ada excel, powerpoint, pdf, bahkan gambar. Jadi, kecepatannya akan bervariasi tergantung jenis dan isi dokumen yang dicetak. Namun demikian, satuan PPM ini bisa digunakan untuk membandingkan kecepatan cetak satu printer dengan printer lainnya dan untuk mengetahui kecepatan cetak tercepat sebuah printer.
Kata kunci untuk ppm kecepatan cetak tercepat yang bisa dihasilkan oleh sebuah printer.
Jadi, Printer 120 ppm bisa mencetak 600 lembar kertas dalam waktu 5 menit.

Dikerjakan oleh:
1.     Ordeli Yamotuho Zalukhu (5140811241)
2.     Torotodo Lafau (5140811242)
3.     Amun Nurdy Muchayat (5140811243)
4.     Habib Benol Syahputra (5140811244)
5.     Yualita Fatmawati (5140811245)

-Mahasiswa Teknik Sipil, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Teknologi Yogyakarta-








Boleh di-Share :

Artikel Terkait

Contoh Soal dan Pembahasan Aplikasi Teknologi dan Informasi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Post a Comment

Terima kasih telah menambahkan komentar yang positif. Lihat komentar lainnya via PC.

Terima kasih telah menambahkan komentar yang positif. Lihat komentar lainnya via PC.