Sunday 10 February 2013

(OSN 2013) Tahap-Tahap Olimpiade Fisika


Seperti Olimpiade Sains lainnya (Matematika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi), proses menjadi peserta Olimpiade Fisika Internasional harus melalui bebebarapa tahap, yakni:

1. Seleksi Fisika Tingkat Kabupaten/Kota
- Sekolah akan memilih siswa-siswa SMA terbaik di bidangnya untuk mengikuti seleksi Olimpiade Fisika Tingkat Kabupaten (dilaksanakan di bulan April)
- Soal-soal Olimpiade Tingkat Kabupaten adalah soal fisika bidang Mekanika (Kinematika - Dinamika ; translasi dan rotasi). Masih terdapat angka.


2. Seleksi Fisika Tingkat Provinsi
-Peserta pra-olimpiade yang lulus seleksi tingkat kabupaten/kota (batas nilai tertentu) berhak mengikuti seleksi Olimpiade Fisika Tingkat Provinsi (dilaksanakan bulan Juni)
- Soal-soal Olimpiade Tingkat Provinsi adalah soal fisika teori bidang Mekanika (Kinematika - Dinamika ; translasi dan rotasi). Lebih pada variable.


3. Seleksi Fisika Tingkat Nasional
- Peserta olimpiade fisika yang lulus seleksi tingkat provinsi (batas nilai tertentu atau perwakilan tiap provinsi) berhak mengikuti seleksi Olimpiade Fisika Tingkat Nasional (dilaksanakan Agustus/September di salah satu kota di Indonesia)
- Soal-soal Olimpiade Tingkat Nasional terdiri dari
* Soal Teori : Fisika Mekanika yang lebih kompleks + Listrik Magnet
* Soal Eksperimen : Fisika Mekanika


4. Seleksi 30 Besar Nasional
- Dari Olimpiade Fisika Tingkat Nasional, akan dipilih 30 peserta terbaik untuk dibina dan diseleksi di Pusat Pelatihan Olimpiade Fisika – Tangerang selama 4 minggu. (Oktober/November)
- Materi pelatihan 30 besar adalah Listrik dan Magnet
- Seleksi/tes akan dilakukan tiap akhir pekan


5. Seleksi Asian Physic Olympiad (APho)
- Dari 30 besar nasional, akan dipilih 8-10 untuk dibina selama [kurang lebih] 6 bulan untuk mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Fisika Tingkat Asia Pasific yang diselenggarakan di negara-negara APhO.
- Materi meliputi semua bidang Fisika [Mekanika, Listrik-Magnet, Termodinamika, Osilasi Gelombang, Optik, dan Fisika Modern/Kuantum]
- Soal Olimpiade:
* 3 buah soal teori
* 2 buah soal eksperimen


6. Seleksi Olimpiade Fisika Internasional (IPhO)
- Peserta terbaik di ajang Olimpiade Fisika Asia akan dipilih mewakili Indonesia dalam ajang kompetisi Fisika SMA paling gengsi di dunia yakni Olimpiade Fisika Internasional / International Physic Olympiad di salah satu negara IPhO.
- Indonesia akan mengirimkan 5 siswa terbaik Fisika di ajang ini
- Jenis dan jumlah soal sama dengan APhO

Boleh di-Share :

Artikel Terkait

(OSN 2013) Tahap-Tahap Olimpiade Fisika
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Post a Comment

Terima kasih telah menambahkan komentar yang positif. Lihat komentar lainnya via PC.

Terima kasih telah menambahkan komentar yang positif. Lihat komentar lainnya via PC.